Pages

Tuesday, January 25, 2011

Pilah-Pilih Handphone Android yang Tepat

Bagaimana sih cara memilih handphone Android yang tepat untuk anda?

Banyak pilihan ponsel Android di mall-mall. Banyak ulasan menarik tentang Android di tabloid dan majalah telepon seluler. Juga banyak orang yang memakai ponsel Android (yup, setidaknya di sekeliling gue).

Kapan sih saat yang tepat untuk ganti ponsel ke ponsel yang menggunakan Operating System: Android? Lalu, handphone Android yang mana yang paling tepat dengan kebutuhan dan keinginan kita?

Gue mau sedikit sotoy-sotoyan ngasih pendapat tentang memilih hape Android. So pastiii, tulisan gue ini juga dibumbui pengalaman pribadi. Siapa tahu, dan semoga saja, bisa membantu para pembaca menghindari membeli hape Android yang enggak update (atau enggak ada update-annya) ataupun yang overspecification. Mungkin kita juga enggak sedang mencari "The Best Android on the Market" ataupun "The Newest Android on the Market". Tapi yang lebih ingin gue tekankan adalah tentang mencari "the best phone for YOU". ;)

1. Ketahuilah kapan saat untuk update Operating System (OS)
2. Ketahuilah handphone apa yang akan segera muncul
3. Jenis dan ukuran layar
4. Kamera (dan kamera depan)
5. Umur baterai
6. processor
7. Fitur-fitur lainnya: misalnya trackpad, trackball, hardware keyboard, built in FM Radio,

Hmm... Banyak juga ya, yang menjadi pertimbangan memilih Android yang cocok...

Waktu gue mau beli hape Android, sekitar Desember 2010, handphone Android di Indonesia baru ada Samsung Galaxy S, Samsung Galaxy 5, Samsung Galaxy Spica, LG (lupa tipenya), Nexian Journey, Sony Erricsson Xperia X10, Xperia X10 Mini, dan Xperia X8.

Gue pilih Galaxy 5 karena (waktu itu) hape ini adalah hape yang baru muncul. Masih gress!! OS Android yang dipakai udah versi 2.1 alias eclair. Sedangkan OS Android 2.2 alias Froyo masih belum ada yang pakai. Jadi, untuk saat itu hape gue udah termasuk yang canggih!! *banggaaaaa, hehehehee...

Kemudian, Samsung Galaxy 5 ini punya aplikasi Swype (cuma ada di Android pabrikan Samsung). Gue udah pernah cerita tentang Swype ini di postingan gue yang lalu. Ada kabar kalau ke depannya nanti Swype ini akan hadir di Android Market dan bisa diinstal di hape Android merk apapun. Masih rumor, sih...

Karena merknya Samsung, gue jadi lebih percaya dengan kualitas gambar hasil jepretan kameranya. Lalu, untuk umur baterainya juga sudah cukup. Smartphone saat ini kemampuan baterainya hampir sama. Rata-rata mampu bertahan seharian. Cepat atau enggaknya baterai habis itu tergantung seberapa lama kita gunakan, aplikasi apa yang dijalankan, penggunaan transfer data (3G / HSDPA), brightness layar, dan lain-lain. Semakin lama dipakai buat main game, semakin cepet habis. semakin lama dinyalain data transfernya buat internetan, semakin cepet habis. apalagi kalau pakai GPS.

Terus, harganya tergolong kelas mid-end. Dibandingkan dengan hape-hape Android yang ada saat itu, paling valuable ya Galaxy 5 punya gue ini!! Hahaaay....

Tapi sekarang, semenjak akhir Februari lalu, banyak bermunculan hape Android keluaran Samsung seperti Samsung Galaxy Mini, Samsung Galaxy Gio, Samsung Galaxy Fit, Samsung Galaxy Ace.

Dibandingin hape gue, keempat hape besutan Samsung tersebut lebih cihuy dari punya gueee.... aaaaaarggh, gemes juga rasanya! cuma selisih 3 bulan udah ada hape yang lebih canggih, layar lebih gede, Operating System lebih update, dan malahan Galaxy Mini harga barunya lebih murah dibanding harga barunya Galaxy 5 guee... Aaaaaarrrgghhh!!!

*tarik napas dalem-dalem.


Hikmah dari semua ini adalah, bukan "The Best Android on the Market" yang harus kita kejar. Pun, "The Newest Android on the Market" yang harus kita incar. Tapi yang lebih ingin gue tekankan adalah tentang mencari "the best phone for YOU". ;)

For me, the Galaxy 5 still fits me! Galaxy 5 masih cocok buat gue!! :)
Yipppiiee!!!

No comments:

Post a Comment